Artificial Intelegent atau AI adalah
suatu sistem yang memanfaatkan kecerdasaan buatan.
Sistem ini nantinya akan diinput oleh manusia dengan bahasa mesin kedalam
computer. Sistem
ini dibuat bertujuan agar mempunyai kecerdasan seperti manusia dan cara berperilaku manusia yang mampu mepelajari
segala sesuatu yang baru dengan cepat berdasarkan pengalaman yang dialaminya. Sehingga sistem ini seolah olah
mempunyai kehendak sendiri tanpa harus dikontrol secara manual oleh manusia. Konsep dasar didalam teknologi sistem
cerdas diantaranya
:
1.
Sistem Pakar (Expert System)
Disini
komputer akan diberi perintah agar bisa memiliki kemampuan seperti pakar , agar
suatu saat apa bila terjadi masalah komputer dapat menyelsaikan masalah tersebut
sesuai keahlian pakar aslinya.
2.
Decision Support
Systems (DSS)
System pendukung keputusan adalah serangkaian class yang
terkomputerisasi yang mempunyai tujuan untuk memudahkan pengambilan keputusan.
3.
Pengolahan Bahasa Alami (Natural
Language Processing )
Maksudnya adalah user diharapkan dapat berinteraksi dengan
komputer menggunakan bahasa sehari hari layaknya berinteraksi dengan manusia
lainnya.
4.
Pengenalan Ucapan
(speech recognition)
Dengan adanyak speech recognition , diharapkan user dapat juga
berkomunikasi dengan komputer melalui suara.
5.
Robotika &Sistem
Sensor (Robotic & Sensory Systems)
6.
Computer Vision.
Disini user dapat
menginterpretasikan objek atau gambar melalui komputer.
7.
Inteligent Computer-aided
instruction
8.
Game Playing.
Kelebihan Artificial Intellegence.
- · Kemampuan data yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan (tidak terbatas).
- · Ketepatan dan Kecepatan.
- · Bisa digunakan kapan saja tanpa merasakan bosan.
Kekurangan Artificial Intellegence.
- · Tidak Memiliki Common Sense . common sense adalah yang membuat kita mengerti informasi apa yang kita proses ,
- · Kecerdasan dalam AI terbatas (pada program yang diberikan)
- · Mudah Rusak
- · Memerlukan daya listrik
Expert System (Sistem Pakar)
Sistem pakar atau
Expert System adalah suatu sistem yang memiliki kecerdasan para ahli agar dapat
memecahkan suatu masalah seperti para pakar memecahkan masalahnya dibidang
masing masing
Keuntungan Sistem
Pakar :
- · Memudahkan bagi para user untuk mengerjakan pekerjaan seorang pakar
- · Meningkatakan kualitas
- · Memiliki realibilitas
- · Meningkatkan Kapabilitas pada sistem komputer
- · Meningkatkan produktivitas
Kerugian Sistem Pakar
:
- · Biaya pembuatannya sangat mahal
- · Sulit untuk mengembangkan
- · Tida 100% bernilai benar
Decision Support
System (DSS)
Sistem pendukung
keputusan atau Decision Support System (DSS) adalah Serangkaian kelas tertentu
dari sistem informasi terkomputerisasi yang mendukung dalam pengambilan
keputusan. System pengambilan keputusan atau DSS digunakan untuk mengumpulkan
data, menganalisa dan membentuk data yang dikoleksi dan mengambil keputusan
yang benar atau membangun strategi dari analisis tidak pengaruh terhadap
computer.
Informasi yang
biasanya dikumpulkan menggunakan aplikasi pendukung keputusan akan melakukan :
·
Mengakses informasi
terkini
·
Angka penjualan yang periodenya
berkesinambungan
·
Angka pendapatan
berdasarkan asumsi penjualan sebuah produk baru
·
Konsekuensi
pengambilan keputusan yang berbeda
Metodologi Sistem Cerdas
Sistem Pakar (Expert System)
Dirancang untuk menyelesaikan masalah pada
suatu domain (bidang), misal: ES untuk mendiagnosa gejala sakit pada pasien.
Pembuatan:
·
Menanyai
para pakar di bidang tersebut
·
Menyimpan
pengetahuan yang diperoleh dalam suatu bentuk yang sesuai bagi penyelesaian
masalah, menggunakan penalaran sederhana
Penggunaan:
·
Pengguna
memasukkan query sesuai dengan masalah yang ditetapkan oleh sistem cerdas.
·
Query
tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan berbasiskan pada pengetahuan
·
Jawaban
diberikan ke pengguna, atau mungkin perlu masukan lebih lanjut.
Sistem Samar (Fuzzy System)
Logika tradisional yang bernilai salah satu dari dua yait true atau false (benar atau salah). Sistem Fuzzy menangani informasi tidak “pas”
dengan memberikan suatu derajat kebenaran – menggunakan logika samar. Pengetahuan dapat diekspresikan dalam terminologi
bahasa yang samar. Contohnya penyederhanaan
aturan dalam sistem kendali, ada ketidaktepatan.
Jaringan Syaraf Tiruan (Artificial Neural
Networks)
Otak manusia terdiri dari 100 milyar elemen
pemrosesan sederhana bernama neuron yang sangat rapat dan salingterhubung. ANN didasarkan pada model yang disederhanakan
dari neuron dan operasi-operasinya. Model-model
dari ANN tergantung pada:
·
Arsitektur
·
Metode
Pembelajaran
·
Karakter
operasional lain, misal: jenis fungsi aktifasi
ANN bekerja baik pada masalah pattern recognition
dan klasifikasi. Kekuatan utamanya mampu
menangani data yang sebelumnya tidak terlihat, tidak lengkap atau rusak. Beberapa contoh aplikasinya antara lain:
·
Deteksi
kepadatan di bandara
·
Pengenalan
wajah
·
Penilaian
resiko keuangan
·
Optimisasi
da penjadwalan
Algoritma Genetika (Genetic Algorithms, GA)
GA termasuk dalam evolutionary
computation yang merupakan suatu wilayah ilmu komputer yang
menggunakan pola pikir dari konsep dan prinsip dasar dari evolusi alam, yaitu
prinsip seleksi alam Darwinisme, sebagai inspirasi dalam perancangan metode
komputasi. Solusi diperoleh melalui suatu proses:
·
Kelangsungan
hidup dari fittest (paling tahan)
·
Keturunan
campuran (crossbreeding)
·
Mutasi
Penalaran Berbasis Kasus (Case-based reasoning,
CBR)
Sistem CBR memecahkan masalah dengan
memanfaatkan pengetahuan (knowledge) mengenai masalah serupa yang ditemukan
sebelumnya (masa lalu). Pengetahuan
masa lalu dijadikan sebagai suatu basis kasus (case-base). Solusi diperoleh dengan mensintesis kasus-kasus
serupa, dan menyesuaikan untuk memenuhi perbedaan antara masalah yang diberikan
dan kasus yang serupa. Sulit
dipraktekkan tetapi sangat tangguh jika berhasil dilakukan. Contoh aplikasi:
·
Penalaran
menurut undang-undang (Legal, hukum)
·
Mediasi
perselisihan
·
Data
mining
·
Diagnosa
kesalahan
·
Penjadwalan
Data Mining – Agen Cerdas (Intelligent Software
Agents)
Proses eksplorasi dan analisis data untuk
menemukan informasi baru dan bermanfaat. Dapat
mengekstrak informasi perilaku pasar dan pengguna dengan menggali data tersebut. Informasi yang menyangkut soal:
·
Menyatakan
tren & asosiasi perilaku pasar
·
Meningkatkan
keunggulan kompetitif/efektifitas pemasaran.
Teknologi Bahasa (Language Technology)
Aplikasi pengetahuan bahasa manusia bagi solusi
berbasis computer. Komunikasi
antara manusia dan komputer adalah aspek penting sistem informasi cerdas. Aplikasi LT diantaranya:
·
Natural
Language Processing (NLP) , Knowledge Representation, Speech recognition
·
Optical
character recognition (OCR), Handwriting recognition
·
Machine
translation, Text summarization
·
Speech
synthesis
Sistem berbasis LT dapat berupa front-end dari
sistem informasi yang berbasis pada perangkat cerdas lainnya.
No comments:
Post a Comment